9 Akibat Kekurangan Vitamin C, Gejala dan Cara Mengatasinya

Kamu pasti sudah banyak mengerti tentang berbagai manfaat penting dari vitamin C untuk kesehatan tubuh. Di sisi lain, ada juga dampak negatif yang mungkin terjadi akibat kekurangan vitamin C pada tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Vitamin C memiliki peran utama dalam memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan zat besi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Pria dewasa seharusnya mengkonsumsi setidaknya 90 miligram vitamin C per hari, sementara wanita dewasa memerlukan sekitar 75-85 miligram harian. Anak-anak juga membutuhkan sekitar 50-75 miligram setiap harinya. Namun, apa yang akan terjadi jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C? Berikut ini adalah akibat kekurangan vitamin C, gejala, dan cara mengatasinya. Simak artikel Oskincare sampai selesai, ya.

1. Imunitas Tubuh Menurun

Kekurangan vitamin C dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi seperti flu dan pneumonia. Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa vitamin C bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makanya, jika kamu tidak cukup mengkonsumsinya otomatis imun tubuh akan menurun.

2. Mudah Lelah dan Gampang Sakit

Kekurangan vitamin C dapat mengganggu proses energi dalam tubuh, membuat tubuh terasa lemah dan merubah mood seseorang. Kamu bukan hanya jadi mudah lelah dan gampang sakit jika kekurangan vitamin C, tapi juga mengalami perubahan mood yang tidak stabil.

3. Jika Terjadi Luka, Sulit Untuk Sembuh

Belum banyak yang tahu, kolagen nyatanya juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Kekurangan vitamin C membuat luka sembuh lebih lambat dan lebih rentan terhadap infeksi. Jika kamu memiliki luka yang sulit untuk sembuh, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kekurangan vitamin C.

4. Menyebabkan Masalah Kulit

Kulit memerlukan vitamin C untuk memproduksi kolagen, yang penting dalam menjaga kulit tetap sehat. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan kulit menjadi kasar, kering, dan mengalami masalah seperti kuku rapuh dan bercak titik merah.

5. Bisa Mudah Memar

Kekurangan vitamin C juga membuat tubuh lebih rentan terhadap memar. Ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di bawah kulit karena penurunan kadar kolagen. Sehingga, darah bisa keluar ke jaringan sekitar dan menyebabkan terjadinya memar.

6. Bisa Timbul Masalah Gigi dan Gusi

Kekurangan vitamin C juga bisa berdampak pada gangguan mulut seperti sariawan dan gusi yang mudah berdarah. Ini disebabkan oleh rendahnya produksi kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan gusi. Oleh karena itu, penggunaan vitamin C dapat efektif sebagai pengobatan sariawan dan sebagai pencegahan kerusakan pada gusi dan gigi.

7. Bisa Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa rendahnya kadar vitamin C dalam tubuh dapat meningkatkan akumulasi lemak, terutama di daerah perut. Oleh karena itu, defisiensi vitamin C dapat mengakibatkan peningkatan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas.

8. Menyebabkan Nyeri Sendi

Kurangnya vitamin C dalam tubuh dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi. Bahkan, dalam kondisi terparah, hal ini bisa mengakibatkan kesulitan dalam bergerak.

9. Skorbut

Kekurangan vitamin C yang parah dapat menyebabkan skorbut, sebuah kondisi dengan gejala seperti lemas, hilangnya nafsu makan, mual, diare, dan demam. Jika tidak diobati, skorbut dapat mengakibatkan penyakit serius, bahkan kematian.

Baca Juga: 7 Jenis Infus Vitamin yang Sering Disuntikkan Ke Tubuh

Penyebab Kekurangan Vitamin C
penyebab kekurangan vitamin c

Menurut ulasan dari Medical News Today, kurangnya vitamin C pada tubuh biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi tersebut. Perlu diingat bahwa kita tidak bisa menghasilkan vitamin C secara alami, sehingga kita harus mendapatkannya dari sumber eksternal, terutama buah-buahan, sayuran, atau makanan yang diperkaya dengan vitamin C. Beberapa penyebab kekurangan vitamin C meliputi:

Pola makan yang tidak memadai, seringkali karena kurangnya konsumsi buah dan sayuran segar. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah ekonomi atau kelaparan.

  • Penyakit tertentu seperti anoreksia atau masalah kesehatan mental lainnya yang dapat mempengaruhi pola makan.
  • Diet ketat, baik karena alergi makanan, kesulitan menelan makanan, atau alasan lainnya.
  • Usia tua (lansia) yang dapat dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang aktif dan perubahan pola makan.
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
  • Kondisi kesehatan tertentu, perawatan medis, atau kebiasaan yang mengganggu penyerapan nutrisi, seperti penyakit Crohn, kolitis ulseratif, pengobatan kemoterapi, gangguan ginjal, atau merokok.

Penting untuk diingat bahwa kekurangan vitamin C dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dalam jumlah yang direkomendasikan atau dengan mengambil suplemen sesuai dengan kebutuhan harian. 

Siapa Saja yang Beresiko Kekurangan Vitamin C

Ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kekurangan vitamin C, yaitu:

  • Orang yang mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang
  • Orang yang secara rutin mengkonsumsi alkohol
  • Mereka yang menjalani diet ketat atau yang tidak memenuhi gizi seimbang
  • Orang dengan tingkat pendapatan rendah yang mungkin sulit untuk mendapatkan makanan dengan kandungan vitamin C yang cukup
  • Orang yang menderita kondisi medis yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi, seperti peradangan usus besar
  • Ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan asupan vitamin C yang lebih tinggi.

Cara Mengatasi Tubuh Kekurangan Vitamin C di Oskincare Clinic

Jika kamu mengalami gejala kekurangan vitamin C, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi dengan dokter dan melakukan perawatan di Oskincare Clinic, seperti perawatan Immune Booster Infusion dan Vit-C Collagen IV Injection yang bermanfaat untuk meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh dalam menghadapi perubahan cuaca, kelelahan, dan gejala flu. Itu juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh secara instan. Selain itu, perawatan multivitamin di Oskincare juga dapat berperan dalam mengatur tekanan darah, mencegah asam urat, mengurangi kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan kulit untuk tetap terjaga.

Itulah informasi lengkap mengenai akibat kekurangan vitamin C beserta penyebab dan cara mengatasinya. Penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh dan menjaga keseimbangan gizi sehari-hari. Jika kamu ragu atau membutuhkan konsultasi dengan ahli, Osckincare menyediakan layanan konsultasi gratis, dan kamu juga bisa menghubungi WA https://wa.me/+6285900014855  atau melalui DM pada Instagram di @oskincare.official. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Fields marked with an are required.