Bekas Cauter Milia Mengganggu Penampilan? Ini Solusinya!

Beredar banyak kekhawatiran pasca treatment milia di internet yang berkaitan dengan proses penyembuhan, risiko komplikasi, efektivitas perawatan yang dipilih, dan kecemasan akan penampilan karena adanya bekas cauter milia di wajah.

Namun, perlu dipahami bahwa efek samping dari treatment cauter milia pada setiap individu dapat berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasilnya, termasuk kondisi kulit pra treatment, besarnya area kauterisasi, sensitivitas yang berbeda terhadap bahan-bahan tertentu, dan respons yang bervariasi terhadap prosedur. Beberapa orang mungkin mengalami sedikit kemerahan, bengkak, atau rasa tidak nyaman sesaat setelah treatment, sementara yang lain mungkin mengalami efek samping yang lebih signifikan atau bahkan tidak berefek sama sekali.

Bila kamu merasakan kecemasan yang sama, kabar baiknya terdapat cara menghilangkan bekas milia yang direkomendasikan langsung oleh dokter. Bagaimana caranya? Simak artikel ini, ya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Cauter Milia Terampuh

Jika sebelumnya kita sudah membahas cara menghilangkan milia dengan cauter, sekarang kita akan memberitahu tips menghilangkan bekasnya. Menurut dr. Yusi Capriyanti dari laman alodokter, timbulnya bekas baru berwarna keputihan atau kemerahan bisa jadi disebabkan karena luka bakar atau hasil hipopigmentasi pasca inflamasi. Tak perlu dicemaskan berkepanjangan, ikuti cara berikut untuk upaya penyembuhan:

1. Menggunakan Sunscreen Secara Rutin

Pasca cauter, kondisi kulit akan menjadi sensitif dan biasanya dokter memberikan obat serta memandu bagaimana menggunakannya. Salah satu yang disarankan yakni menggunakan tabir surya secara teratur untuk melindungi area cauter milia dari paparan matahari. Sinar UV dapat membuat bekas luka semakin gelap dan memperlambat proses penyembuhan.

2. Menggunakan Salep Anti Radang

Penggunaan salep atau krim yang mengandung bahan anti inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada bekas luka. Salep membantu dalam percepatan proses penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi.

3. Hindari Menggosok Wajah Terlalu Kuat

Menggosok wajah dengan terlalu keras dapat mengiritasi kulit dan memperburuk kondisi bekas luka. Hindari menggosok area bekas cauter milia dengan keras dan berhati-hatilah saat membersihkan wajah. Tepuk-tepuklah secara perlahan atau biarkan kering dengan sendirinya.

4. Melakukan Peeling Wajah

Peeling wajah secara teratur dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Namun, pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit dan hindari melakukan peeling terlalu sering untuk mencegah iritasi.

5. Menggunakan Skincare Dengan Kandungan Pencerah

Mengatasi ketidakmerataan warna kulit setelah kauterisasi juga dapat dibantu dengan menambahkan serum pencerah ke rangkaian skincare perawatan. Salah satu starter pack terbaik datang dari Glamin serum dari Oskincare. 

Serum kit 4 variants berisi C-Serum, Bright Serum, Pore Refine Serum, dan Retinol membantu mempercepat regenerasi kulit, mengurangi kemerahan, mencerahkan, mencegah flek, meratakan warna kulit, dan mengenyalkan. Dengan kandungan yang terbukti efektif seperti centella asiatica, salicylic acid, niacinamide, tranexamic acid, glutathione, asam kojic, AHA, BHA, PHA, dan vitamin E. 

Kombinasikan C-Serum dan Bright Serum di pagi hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memberikan perlindungan antioksidan, sementara Pore Refine Serum dan Retinol dapat digunakan pada malam hari untuk membantu menyempurnakan tekstur kulit dan merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat. Dapatkan keempatnya hanya di official store Glamin di Tokopedia dan Shopee seharga Rp 425.000.

Lakukan Treatment Cauter Wajah di Oskincare Clinic, Minim Bekas Luka, Lho!

Mengatasi milia dan skintag lain seperti tahi lalat, kutil, dan bintik-bintik hiperpigmentasi dengan treatment cauter di Oskincare Clinic. Dengan metode cauter atau pembakaran kelebihan kulit terbukti dapat memperbaiki tekstur kulit dengan cara meratakannya.

Alasan mengapa harus cauter di Oskincare Clinic karena kami pastikan berprosedur relatif aman dengan alat laser berstandar rumah sakit sehingga minim sensasi nyeri, pembekakan, atau tanda bekas. Dilakukan oleh dokter kulit yang berpengalaman yang akan memberikan penjelasan lebih detail mengenai kemungkinan risiko pasca treatment dan langkah-langkah untuk mengatasinya. Jadi, tidak perlu cemas karena kamu bisa konsultasi setelah treatment dengan dokter yang menanganimu sebebasnya. Rasakan kenyamanan cauter Oskincare seharga 3.000K di seluruh cabang Jakarta dan Tangerang.

Berapa Lama Bekas Cauter Milia Akan Hilang?

Luka bekas cauter biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari untuk sembuh. Namun, periode pemulihan dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi kulit individu. 

Apakah Bekas Cauter Milia Bisa Hilang Sendiri?

Menurut dokter, secara umum luka bekas biasanya tidak memerlukan perawatan khusus karena cenderung sembuh atau menghilang sendirinya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun, penting untuk diingat bahwa hal ini tergantung pada seberapa besar dan dalamnya proses kauterisasi dilakukan serta perbedaan dalam pemulihan jaringan pada setiap individu.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Cauter Milia?

Setelah melakukan cauter milia, penting untuk merawat area dan diobati dengan bersih. Hindari penggunaan make up selama 24 jam dan lindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan sunscreen dengan SPF tinggi maksimal 50 dan ikuti semua petunjuk perawatan pasca prosedur yang diberikan oleh dokter untuk hasil terbaik dan mencegah infeksi.

Baca Juga : Perbedaan Treatment Cauter dan Laser, Jangan Keliru!

Demikian solusi menghilangkan bekas cauter milia yang bisa kamu lakukan mandiri di rumah. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter setiap kali perawatan. Di Klinik Kecantikan Oskincare Jakarta dan Tangerang, setiap kali perawatan kamu berkesempatan konsultasi langsung dengan dokter tanpa dipungut biaya dan pastinya dokter Oskincare adalah yang terbaik dan ahli dibidangnya. Tunggu apa lagi, amankan jadwal treatmentmu dengan menghubungi admin WhatsApp atau DM Instagram di @oskincare.official.

Comments

  1. 3 fase penyembuhan luka
    Reply

    Superb, what a web site it is! This webpage gives helpful facts to us, keep it up.

    1. https://Www.Waste-Ndc.pro/community/profile/tressa79906983

      I like the helpful information you provide on your articles. I will bookmark your weblog and take a look at again right here frequently. I'm slightly certain I'll learn lots of new stuff proper right here! Best of luck for the following! https://Www.Waste-Ndc.pro/community/profile/tressa79906983/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Fields marked with an are required.