Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah, Terbukti Efektif!

Pernahkah saat kamu berkaca tampak adanya bintik putih berkelompok dan merasa risih melihatnya? Lantas kamu bertanya-tanya bintik apakah mereka? Kemunculan beberapa bintik putih di sekitar wajah secara medis dikenal dengan sebutan milia. Meskipun tampak kecil dan nyatanya tidak berbahaya, sebagian individu merasa terganggu penampilannya sehingga mencari cara menghilangkan bintik putih di wajah. 

Sekilas mengenai milia yang terbentuk akibat keratin terperangkap di bawah kulit. Keratin sendiri merupakan protein padat yang membentuk lapisan luar kulit. Kondisi ini tidak bergantung pada usia karena dapat timbul pada siapapun. Selain keratin, hasil dari luka bakar dan paparan sinar UV juga dapat mengakibatkan milia.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Simak beberapa rekomendasi langkahnya berikut ini:

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi sebagai rangkaian perawatan kulit mingguan bermanfaat untuk menjaga kulit dari iritan yang menyebabkan milia. Disamping itu, salah satu bahan aktif yakni retinol dapat membantu mengatur produksi keratin berlebih pada kulit. Salah satu rekomendasi serum retinol datang dari Glamin Oskincare yang laris manis di pasaran. Kandungan retinol HPR juga mampu menghilangkan bintik matahari, meratakan warna kulit, dan sebagai agen anti aging. Dapatkan serum retinol seharga Rp 125.000 hanya di Shopee dan Tokopedia Glamin Official.

2. Rutin Double Cleansing

Bersihkan terlebih dahulu wajah menggunakan micellar water atau jenis lainnya seperti cleansing balm, cleansing oil. Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun berbahan lembut dan bebas paraben setiap hari menurut anjuran Dr. Debra Sullivan. Selalu gunakan air hangat kemudian tepuk kulit perlahan dan biarkan mengering dengan sendirinya.

3. Cauter Wajah di Oskincare Clinic

Skincare routine menghilangkan milia akan bekerja lebih maksimal bila dibersamai perawatan wajah cauter. Tindakan yang dilakukan dengan cara membakar kelebihan kulit seperti milia sudah dipastikan ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman. Treatment ini menggunakan teknologi laser, manfaat cauter bukan hanya milia saja yang hilang, permasalahan kulit lain seperti hiperpigmentasi tekstur kulit tidak merata juga bisa diatasi dengan cauter. Treatment cauter bisa kamu coba langsung di Oskincare Clinic cabang Jakarta dan Tangerang seharga 3.000K. 

4. Chemical Peeling di Oskincare Clinic

Proses pengelupasan kulit mati dengan racikan bahan kimia khusus dapat menjadi alternatif dari treatment cauter. Manfaat chemical peeling tak hanya mengangkat bersih kulit teratas dan meregenerasinya agar kembali sehat dan cerah, tetapi juga dapat mengelupas kulit rusak seperti milia, memperbaiki tekstur, menghilangkan noda hiperpigmentasi, dan mengurangi wrinkle. 

5. Rutin Menggunakan Sunscreen

Upaya menghilangkan bintik putih di wajah yang terakhir yakni dengan menggunakan sunscreen setiap waktu. Kegunaan sunscreen sebagai proteksi sinar ultraviolet sudah menjadi rahasia umum, tetapi manfaatnya yang dapat meredakan iritasi kulit penyebab milia belum tentu semua tahu, catat Dr. Debra. Pastikan sunscreen tidak mengandung bahan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan bila memungkinkan carilah yang berlabel non comedogenic.

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah Secara Alami

Selain kelima cara di atas, ada beberapa cara tambahan dengan bahan-bahan alami untuk menangani milia di bawah ini.

1. Menggunakan Masker Madu

Madu khususnya berjenis manuka diyakini efektif mengobati milia. Dijelaskan oleh dr. Devia bahwa khasiatnya diklaim mampu membantu melarutkan keratin yang terperangkap di bawah kulit. Bersifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi masker madu mampu meredakan iritasi dan mencegah infeksi milia. Cukup oleskan masker madu pada area milia dan biarkan selama sepuluh menit, lalu bersihkan.

2. Menggunakan Air Mawar

Bahan dari alam selanjutnya berasal dari bunga mawar. Bunga ini memang sudah lama dijadikan kandungan dalam skincare. Sebagaimana penjelasan dr. Andreas, adanya senyawa flavonoid, glikosida, dan antosianin membantu menenangkan kulit meredakan milia. Pemanfaatannya juga mudah, cukup semprotkan air mawar secara merata ke seluruh wajah untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada milia sekaligus menyegarkan kulit.

3. Menggunakan Lemon

Lemon dapat menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi milia dan meremajakan kulit karena bersifat antiinflamasi dan mengandung kadar antioksidan tinggi. “Lemon membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan milia, dan membersihkan pori-pori kulit,” ungkap dr. Devia. Perlu diperhatikan, karena bersifat asam, air lemon berpotensi menyebabkan iritasi, terutama pada kulit yang kering dan sensitif. Dokter Devia menyarankan untuk menggunakannya dengan hati-hati dan berkala.

4. Menggunakan Cuka Apel

Ternyata cuka apel mengandung asam malat yang berfungsi sebagai agen eksfoliasi alami. Senyawa tersebut membantu mengangkat sel-sel kulit mati termasuk milia. Sama dengan lemon, berhati-hatilah dalam menggunakannya karena bersifat asam. Campurkan dengan air dan aplikasikan ke milia menggunakan kapas. 

Apa Penyebab Munculnya Bintik Putih di Wajah?

Menurut CDerma, kemunculan bintik putih bukanlah hanya karena terperangkapnya keratin di dasar kulit. Ada beberapa penyebab lainnya seperti efek konsumsi obat tertentu, trauma kulit, luka bakar, dan autoimun. 

Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Bintik Putih di Wajah?

Healthline menjelaskan penguapan dengan air hangat dapat membuka pori-pori kulit untuk menghilangkan iritan. Selepas pori-pori terbuka, sel-sel kulit mati dan milia dapat dijangkau lebih mudah. Proses penguapan ini bisa menjadi tambahan rutinitas perawatan kulit agar terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Langkah mana yang menurut menarik dan efektif untuk menghilangkan milia? Berbicara efektivitas, baik dengan bahan alami ataupun dibantu treatment pada dasarnya milia dapat disembuhkan dan bukan merupakan permasalahan kulit serius. Namun bila menginginkan hasil cepat atau instan, tindakan cauter atau chemical peeling Oskincare menjadi jawaban tepat. Lakukan konsultasi gratis agar dokter kulit kami dapat memutuskan tindakan mana yang tepat untuk menangani kondisi miliamu. Segera booking jadwal di Oskincare Clinic terdekat dengan menghubungi via WhatsApp atau DM Instagram @oskincare.official.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Fields marked with an are required.